Contoh Penggunaan JOIN TABLE di MySQL

Selamat siang pembaca, kali ini saya akan bahas tentang join tabel, dimana join tabel ini sering digunakan dalam membuat program database. Fungsi join ini berguna untuk mengurangi beban kinerja dan penyimpanan data pada database. Join tabel merupakan sebuah konsep dalam pengolahan database. Konsep ini menggabungkan dua buah tabel bahkan lebih sehinggan mengasilkan sebuah tampilan tabel baru yang bersifat sementara. Melalui tabel baru ini akan didapat hubungan tiap data pada tabel-tabel yang digabungkan. Tabel ini yang disebut dengan Join Tabel.
Pada MySQL dikenal beberapa banyak macam join yang dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu inner join dan full outer join.



1. Inner Join
Inner join merupakan join yang digunakan untuk menemukan persimpangan atau perpotongan antara beberapa buah tabel yang dijoinkan. Join ini akan mengembalikan atau menampilkan data-data yang saling berpasangan diantara beberapa tabel tersebut. Contoh code untuk inner join tabel adalah sebagai berikut :





2. Full Outer Join
Full Outer Join merupakan kombinasi dari hasil left outer join dengan right outer join. MySQL tidak mengenal dengan klausa Full Outer Join. Oleh karena itu untuk mendapatkan join tabel hasil dari full outer join digunakan klausa atau operator UNION untuk menggabungkan hasil query yang menggunakan right outer join. Contoh code untuk penggunaannya adalah sebagai berikut :








Sekian pembahasan mengenai SQL JOIN, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baru saja belajar bahasa pemrograman database, terutama pengguna MySQL.
Terimakasih

0 Response to "Contoh Penggunaan JOIN TABLE di MySQL"

Post a Comment